Kamis, 19 Mei 2011

Cara Menghilangkan Drive Pada Komputer

Aku ingin beragi pengalaman yang aku ketahui sedikit tentang Registry Windows. Aku bilang sedikit karena aku baru tahu secuil saja dari Registry Windows, mungkin baru 1%-nya atau kurang.
Aku ingin sharing ilmu tentang cara menyembunyikan sebuah drive atau lebih pada Windows, meskipun aku akui sudah banyak sekali orang yang telah membeberkan hal ini di berbagai situs di internet. Tapi, bukankah ilmu itu akan lebih kuat terpatri dalam ingatan kita jika kita tuliskan?
Oh iya, menyembunyikan sebuah drive atau lebih ini lebih berfungsi sebagai langkah antisipasi / keamanan bagi data yang ada di drive tersebut, jika kita menghendaki agar orang lain tidak bisa ‘macam-macam’ dengan drive tersebut. Dan ada baiknya jika pada komputer kita tersedia setidaknya dua account; user biasa dan administrator agar kita bisa membagi kekuasaan secara lebih baik, sehingga user tidak bisa berbuat sembarangan terhadap komputer kita, apalagi komputer yang ekstra penting, wallahu a’lam.
Baiklah, kita masuk pada inti tulisan. Selamat mengikuti.

 1.Anda harus membuka Registry Windows terlebih dahulu. Caranya adalah klik menu start > run >ketikkan ‘regedit’ atau ‘regedt32′ (tanpa tanda petik). Atau melalui shortcut keyboard: windows+r

2Untuk menyembunyikan drive, Anda harus menuju Key Path : HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\policies\Explorer.

3.Buatlah sebuah value Key dengan cara klik kanan pada layer sebelah kanan, maka muncul NEW, akan ada berbagai macam Value Type, pilih type DWORD Value. Beri nama value tersebut dengan nama ‘nodrives’ (tanpa tanda petik). Setelah itu, tekan enter. Value baru berhasil dibuat.

Value data bisa Anda isi dengan salah satu angka berikut ini :
A: 1, B: 2, C: 4, D: 8, E: 16, F: 32, G: 64, H: 128, I: 256, J: 512, K: 1024, L: 2048, M: 4096, N: 8192, O: 16384, P: 32768, Q: 65536, R: 131072, S: 262144, T: 524288, U: 1048576, V: 2097152, W: 4194304, X: 8388608, Y: 16777216, Z: 33554432, ALL: 67108863
NB : huruf-huruf tersebut merupakan Drive Letters dan untuk ALL adalah jika Anda ingin menyembunyikan semua drive pada computer Anda. Dan perlu diingat bahwa angka yang Anda masukkan harus pada base ‘heksadesimal’ bukan base ‘decimal’.
Sebagai contoh, saya ingin menyembunyikan drive C:\ pada computer saya, maka saya memasukkan value data:4.
Kalau sudah, tekan tombol ‘OK’.
  1. Setelah semua proses ini Anda rampungkan, maka Anda harus merestart computer Anda atau me-log off terlebih dahulu untuk bisa melihat hasil dari editan Anda.
  2. Jika Anda berhasil, maka seharusnya drive C:\ (atau yang Anda sembunyikan) tidak akan nampak pada Windows Explorer Anda.

Sekian tutorial singkat yang dapat saya share buat temen-temen semua. Karena saya baru belajar, mohon dikoreksi jika ada kesalahan. Terima kasih…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar